Apa Itu Cytotec

Apa Itu Cytotec ???

Sebagian orang awam masih sangat jarang mendengar tentang apa itu cytotec. Pada dasarnya cytotec sendiri seringkali digunakan untuk mengobati tukak lambung atau luka pada lambung. Selain itu cytotec juga dapat digunakan untuk mencegah tukak yang terjadi pada usus halus. Dengan cytotec ini, kadar asam dalam lambung akan turun sekaligus meningkatkan jumlah lendir dan bikarbonat dalam lambung. Sehingga usus dan lambung terlindungi dari asam.

Apa Itu Cytotec

Apa Itu Cytotec

Asal – Usul Obat Cytotec

Obat cytotec sendiri merupakan obat misoprostol yang lumayan di kenal di Amerika Serikat. Produksi obat inipun dilakukan oleh Pfizer Amerika Serikat. Seperti yang telah diuraikan di atas, penggunaan cytotec sendiri adalah untuk mengobati tukak lambung. Sehingga banyak orang memanfaatkan obat yang satu ini untuk mengatasi gangguan pada lambung atau usus halus. Tentunya penggunaannya sendiri harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Sementara keberadaan cytotec di Indonesia sendiri pada awalnya tidaklah diproduksi oleh pabrik farmasi lokal. Dulunya cytotec yang beredar di Indonesia merupakan produksi pfizer Australia. Di Indonesia sendiri, obat ini juga seringkali dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada lambung atau usus halus. Namun belakangan Australia tidak lagi memproduksi obat ini karena indikasi berbahaya yang dihasilkan dari efek samping cytotec.

Meski Australian tidak lagi memproduksi cytotec, namun pabrik farmasi lokal Indonesia meniru dan membuat obat ini dengan bahan yang sama. Sehingga keberadaan cytotec di Indonesia sendiri pada dasarnya sama dengan yang diproduksi di Australia atau Amerika Serikat sendiri. Komposisi hingga kemasan yang digunakan juga hampir sama. Sehingga cytotec yang dijual bebas di apotek biasanya merupakan cytotec produksi pabrik farmasi lokal.

Efek Samping Cytotec

 Meski seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi tukak lambung, namun penggunaan cytotec sendiri memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Efek samping inilah yang menjadikan penggunaan obat ini juga harus berada dalam pengawasan dokter. Diindikasi, penggunaan cytotec sangat berpengaruh pada rahim. Hingga perkembangannya, beberapa orang sengaja mengkonsumsi dosis cytotec tertentu untuk menggugurkan kandungan.

Selain memberikan pengaruh yang pada rahim, cytotec juga memiliki efek samping lain saat dikonsumsi. Meski efek samping ini jarang terjadi, namun beberapa orang yang mengkonsumsi cytotec masih mengalami efek samping berupa pusing dan sakit kepala. Rasa pusing dapat berlanjut menjadi mual, muntah, perut kembung hingga mengalami diare. Jika efek samping bertambah parah, segera hentikan konsumsi cytotec dan berkonsultasi dengan dokter.

Mengingat efek samping yang cytotec, penggunaan obat ini haruslah atas rekomendasi dokter. Selain itu ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi cytotec. Penggunaan cytotec untuk ibu hamil dikhawatirkan akan memberikan efek samping reaksi pada rahim. Sehingga janin yang dikandung bisa mengalami keguguran atau mengalami kelainan. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum beli cytotec dan menggunakannya untuk mengatasi tukak lambung Anda.

%d blogger menyukai ini: