4 Makanan Penggugur Kandungan

Makanan penggugur kandungan baik itu buah-buahan atau minuman tertentu berpotensi menyebabkan keguguran. Untuk itu sebaiknya Anda waspada dengan 4 makanan penggugur kandungan berikut ini:

Makanan Penggugur Kandungan

Makanan Penggugur Kandungan

1. Buah Nanas

Mengapa buah nanas berpotensi menyebabkan keguguran? Sebab nanas mengandung enzim bromelain yang dengan mudah memecah protein. Sementara itu janin sendiri terbentuk dari protein. Karena itulah buah nanas dipercaya sebagai salah satu makanan penggugur kandungan atau minimal perdarahan saat hamil.

Terlepas benar atau tidak asumsi tersebut, sebaiknya tidak perlu ambil risiko. Artinya hindari mengonsumsi buah nanas saat hamil, terutama saat hamil muda. Bahkan menurut beberapa sumber, nanas dapat dengan mudah meluruhkan kandungan usia 1 minggu. Embrio langsung lenyap luruh bersama darah haid.

2. Buah Durian

Buah dengan aroma menyengat ini juga termasuk makanan penggugur kandungan ampuh. Durian mengandung beberapa bahan yang berbahaya untuk tumbuh kembang janin seperti zat besi, alkohol, dan arachidonat. Ketiga zat tersebut memiliki sifat panas yang bisa menyebabkan kontraksi rahim yang berakibat keguguran.

Zat arachidonat-nya memicu terbentuknya senyawa prostaglandin yang mampu merangsang kontraksi dini janin dalam kandungan. Jika kontraksi terjadi dengan intensitas cukup sering maka bisa menyebabkan bayi cacat lahir atau keguguran. Bahkan selama hamil sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari durian. Misalnya permen rasa durian, tempoyak, dan es durian.

3. Ikan Sembilang

Entah mitos atau fakta, menurut beberapa sumber ikan sembilang konon juga berkaitan dengan penyebab keguguran. Entah zat apa yang terkandung pada jenis ikan ini, namun wanita hamil dilarang keras makan jenis ikan sembilang.

4. Minuman Berakohol

Sebenarnya tidak hanya untuk kehamilan, minuman dengan kadar alkohol tinggi memiliki efek buruk terhadap kesehatan bagi siapapun yang mengonsumsinya. Lalu mengapa alkohol berbahaya bagi kehamilan?

Hati termasuk salah satu organ tubuh yang paling lama berkembang. Nah, fungsi hati pada janin bisa dikatakan sempurna saat menjelang kelahiran. Ketika ibu hamil mengonsumsi alkohol, selanjutnya alkohol akan terbawa aliran darah melalui plasenta juga ke janin. Hal tersebut bisa menyebabkan janin mengalami FAS (Fetal Alcohol Syndrome) yang berujung pada rusaknya sistem syaraf calon bayi.

Nah, jika Anda sedang hamil, masih berani mengonsumsi 5 makanan penggugur kandungan diatas?

%d blogger menyukai ini: